14.6.08

Global Warming Tahun 2040 = 2000 pulau akan tenggelam !!!

Mungkin Anda menduga, udara yang akhir-akhir ini makin panas, bukanlah
suatu masalah yang perlu kita risaukan, hanya sekedar awan yang tak
kunjung datang menutupi terik matahari atau memang bontang yang tak
kenal akan musim. "Mana mungkin sih tindakan satu-dua makhluk hidup di
jagat semesta bisa mengganggu kondisi planet bumi yang mahabesar ini?"
barangkali begitulah yang kita pikirkan selama ini. Baru-baru ini, Inter-governmental Panel on Cimate Change (IPCC) mempublikasikan hasil pengamatan ilmuwan dari berbagai negara.
Isinya sangat mengejutkan.



Selama tahun 1990-2005, ternyata telah terjadi peningkatan suhu merata di seluruh bagian bumi, antara 0,15 - 0,3o C. Jika peningkatan suhu itu terus berlanjut, diperkirakan pada tahun 2040 (33 tahun dari sekarang)
lapisan es di kutub-kutub bumi akan habis meleleh.
Dan jika bumi masih terus memanas, pada tahun 2050 akan terjadi kekurangan air tawar,
sehingga kelaparan pun akan meluas di seantero jagat. Udara akan sangat panas, jutaan orang berebut air dan makanan.
Napas tersengal oleh asap dan debu. Rumah-rumah di pesisir terendam air laut.
Luapan air laut makin lama makin luas, sehingga akhirnya menelan seluruh pulau.
Hartabenda akan lenyap, begitu pula nyawa manusia.
Ada banyak ;langkah yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pemanasan Global :
1. Kurangi menerima brosur, katalog, flyer dan sebagainya. Kalau lagi jalan-jalan di mal trus ditawarin kertas-kertas semacam ini, jangan diambil untuk kemudian di buang di tong sampah depan.
kalau kasian sama sales yang nawarin, berhenti sebentar untuk baca, lalu kembalikan flyer tersebut. nggak usah takut dibilang aneh, this is a green area y'all! 10 kg kertas dihasilkan dari 1 pohon
2. Belum punya mobil hybrid, belum pakai biofuel, pastikan mobil kamu dalam kondisi terbaiknya ;sehingga nggak boros bensin. ban yang kurang angin aja bisa boros CO2 sampai 100 kg/tahun lho!
3. Don't let the little red light, on. mematikan secara tuntas satu elektronik aja bisa mencegah 450 kg CO2 melayang ke udara tiap tahunnya. lagi pengen make over kamar dan mengganti warna cat tembok, pastikan
kamu pilih cat yang terbuat dari latex daripada yang berbahan dasar minyak. pasalnya, cat latex mengeluarkan lebih sedikit gas dalam proses pengeringannya.
4. Chose to walk! kalau untuk jarak 100-200 meter aja sih, kita-kita yang masih muda ini sebaiknya jalankaki. kalau budaya jalan kaki dan fasilitas pejalakn kaki udah bagus, pasti kota besar nggak akan ; sesumpek dan semacet ini!
5. Rumah kamu termasuk pengguna mesin cuci? kalau nggak menggunakan fitur pengeringnya, bisa hemat CO2 sampai 300 kg/tahun lho!
6. Ayo jadi pelopor! matiin lampu kelas setiap kali istirahat, pelajaran olahraga, dan pulang sekolah. menurut sebuah survey di Amerika, kalau 10.000 sekolah mematikan lampu mereka selama 1 menit aja, udah menghemat 720 miliar rupiah! gimana kalo lebih dari 1 menit?!
7. TANAM KEPEDULIANMU! ! setiap hari 10 pohon ditebang di Indonesia tanpa sanksi yang jelas. padahal, 1 pohon berarti nafas untuk banyak paru-paru di dunia. pertahankan hak kita untuk bernafas. tanam pohonmu sekarang juga!
8. Berlama-lama menggosok badan di kamar mandi sih boleh-boleh aja. tapi airnya jangan dinyalain. selalu inget irit air saat mandi dan gosok gigi.. kalau pakai air panas, set temperaturnya sebatas nggak dingin aja. ngaruhnya sama kayak AC.
9. Gunakan power strip yang ada switch on/off nya di kamar kamu. jadi kalau kamu mau pergi tinggal klik dan semua aliran listrik akan berhenti. tapi ada juga power strip yang bekerja kurang baik. cara
ngetesnya, pegang kepala colokan dalam keadaan mati. kalau terasa hangat, berarti masih ada arus listriknya dan kamu harus mencabut colokan dari pangkalnya.
10. Atur temperatur AC kamu nggak terlalu dingin. kalau malem, pakai selimut yang tipis aja supaya setingan AC nggak perlu mencapai angka belasan. pastiin juga jendela kamu nggak ada yang "bocor". naikin 2 derajat temperatur aja udah menghemat 900 kg CO2 dalam satu tahun!